Selasa, 30 Desember 2014

5 Langkah Menjadikan Tahun Baru Penuh Kesan

Beberapa hari lagi, kita akan meninggalkan 2014 dan menggantinya dengan 2015. Yah, tidak terasa tahun 2014 telah kita lalui. Banyak dari kita yang ingin membuat pesta berkesan di tahun baru kali ini. Tapi sedikit yang tahu bagaimana caranya membuat malam pergantian tahun menjadi malam yang tiada duanya. Di antara kita hanya melakukan kegiatan yang sama dengan malam pergantian tahun baru tahun lalu. Seperti bakar ayam, bakar jagung, lihat kembang api, larut dalam keraimain pusat kota. Itu si gak berkesan kalau sama dengan tahun lalu. Lalu apa aja langkah kita untuk membuat kesan yang berbeda di malam pergantian tahun baru yang spesial ini??

Ada 5 langkah pergantian tahun baru yang tidak dilakukan kebanyakan orang untuk membuatnya sangat berkesan. Yaitu...



1.  Hubungan teman-teman terdekat
Untuk melewati malam tahun baru yang spesial, pastinya akan sangat berkesan dengan teman-teman terdekat. Hubungi mereka dengan menanyai agenda malam tahun mereka dan ajak mereka untuk membuat acara seru. Seperti camp atau mendaki gunung dan merayakannya malam tahun baru di sana.

2. Terbuka dengan teman terdekat
Acara berkesan sangat banyak sekali macamnya untuk malam spesial tahun baru. Contohnya apa?? bakar ayam? barbeque? itu si udah biasa kita lakukan di hari-hari libur biasanya.

Untuk membuat acara yang berbeda dengan tahun lalu, kita bisa mencoba membuat acara renungan bersama akhir tahun. kita evaluasi dengan mengungkap semua kekurangan kita dan kejelekan kita di hadapan teman-teman terdekat kita. Saling terbuka dan kita akan kaget dengan pernyataan teman kita yang mereka sembunyikan, begitu pun mereka dengan anggapan yang kita simpan selama setahun ini.

3. Buat Bakti Sosial
Ketika banyak orang yang bersenang-senang di tahun baru dengan meniup terompet dan kembang apinya, tanpa di sadari banyak saudara kita yang tidaklah demikian.

Kita akan membuat malam tahun baru kita berkesan dengan bakti sosial terhadap orang-orang termarginalkan seperti tukang ojek/becak di pinggir jalan, pemulung, penjual asongan dan anak-anak panti asuhan dengan membuat malam tahun baru mereka juga berkesan. Bakti sosial ini akan berkesan sekali karena berbeda dengan perayaan malam tahun baru pada umumnya yang penuh kebisingan.

4.  Evaluasi diri
Malam tahun baru bukanlah malam yang berisi penuh terompet dan kembang api saja. Tetapi malam tahun baru mempunyai makna yang dalam yaitu sebuah keadaan atas usaha kita selama satu tahun.

Hal yang sangat berkesan jika pada malam tahun baru, jika kita menuliskan kesalahan-kesalahan kita selama satu tahun ini diatas kertas. Lalu kita telusuri kenapa kita bisa melakukan kesalahan ini dan cari solusinya.

Dan juga menuliskan rencana-rencana yang akan di lakukan pada tahun berikutnya. sehingga kita akan lebih siap menjalani hari di tahun baru dengan lebih hati-hati terhadap kesalahkan pada tahun lalu dan lebih bersemangat dengan rencana yang akan dilakukan pada tahun baru.

5. Bersyukur
Ada kegagalan yang kita dapatkan pastinya kita juga kita meraih kesuksessan. kesuksesan yang kita raih baiknya kita syukuri di malam tahun baru dengan cara mengadakan syukuran dan pengajian di rumah serta  mengundang tetangga-tetangga dekat rumah.

Kesan dalam mengadakan syukuran yaitu mempererat tali silaturahmi dengan tetangga yang dihari biasanya kita tidak bisa karena tuntutan kerja atau aktivitas bermain dengan teman-teman di luar. Ketika berkumpul duduk bareng dengan para tetangga di malam tahun baru akan menimbulkan rasa simpatik di hati tetangga kita karena anggapan mereka selama ini tentang kita tidak lah seperti yang mereka sangkakan selama ini.

Happy New Year Semuaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar